TEORI TINGKAH LAKU KONSUMEN :
Ø Alasan pembeli untuk membeli lebih banyak barang pada harga yang lebih rendah dan mengurangi pembeliannya pada harga yang tinggi.
Ø Konsumen menentukan jumlah dan komposisi barang yang dibeli dari pendapatan yang diperoleh
Teori tingkah laku konsumen dapat dibedakan dalam dua pendekatan :
- Pendekatan nilai guna (Utiliti) kardinal
Yaitu kenikmatan konsumen dapat dinyatakan secara kuantitatif
- Pendekatan nilai guna (Utiliti) ordinal
Yaitu kenikmatan konsumen tidak dapat dinyatakan secara kuatitatif
Tingkah laku seorang konsumen untuk memilih barang-barang yang akan memaksimumkan kepuasannya ditunjukkan dengan bantuan Kurva kepuasan sama yaitu kurva yang menggambarkan gabungan barang yang akan memberikan nilai guna (kepuasan) yang sama.
Teori Nilai Guna (utiliti)
Nilai guna adalah kepuasan yang diterima seseorang dari mengkonsumsikan suatu barang. Kalau kepuasan itu semakin tinggi maka makin tinggilah nilai gunanya atau utilitinya.
Nilai guna dibedakan diantara dua pengertian: nilai guna total dan nilai guna marjinal. Nilai guna total dapat diartikan sebagai jumlah seluruh kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsikan sejumlah barang tertentu. Sedangkan nilai guna marjinal berarti pertambahan (atau pengurangan) kepuasan sebagai akibat dan pertambahan (atau pengurangan) penggunaan satu unit barang tertentu.
Hipotesis Utama Teori Nilai Guna
Hipotesis utama teori nilai guna, atau lebih dikenal sebagai Hukum nilai guna marjinal yang semakin menurun, menyatakan “bahwa tambahan nilai guna yang diperoleh seseorang dari mengkonsumsikan suatu barang akan menjadi semakin sedikit apabila orang tersebut terus menerus menambah konsumsinya ke atas barang tersebut”. Pada akhirnya tambahan nilai guna akan menjadi negatif yaitu apabila konsumsi ke atas barang tersebut ditambah satu unit lagi, maka nilai guna total akan menjadi semakin sedikit. Pada hakikatnya hipotesis tersebut menjelaskan bahwa pertambahan yang terus-menerus dalam megkonsumsi suatu barang tidak secara terus-menerus menambah kepuasan yang dinikmati orang yang mengkonsumsikannya.
Nilai Guna Total Dalam Angka Dan Grafik
Contoh Angka
Tabel 7.1 | |||
Nilai Guna Total dan Nilai Guna Marjinal dalam Angka | |||
Jumlah buah mangga yang dimakan | Nilai guna total | Nilai guna marjinal | |
0 | 0 | - | |
1 | 30 | 30 | |
2 | 50 | 20 | |
3 | 65 | 15 | |
4 | 75 | 10 | |
5 | 83 | 8 | |
6 | 87 | 4 | |
7 | 89 | 2 | |
8 | 90 | 1 | |
9 | 89 | -1 | |
10 | 85 | -4 | |
11 | 78 | -7 |
Komentar
Posting Komentar